Kamis, 28 November 2013

Ganti Shockbreaker/ shock absorber panther 2,3

Ganti Shockbreaker/ shock absorber panther 2,3

Ganti Shockbreaker/ shock absorber panther 2,3

Tulisan ini merupakan kelanjutan dari posting sebelumnya tentang “Dandan Balljoint Bawah (Roda kiri depan)” dimana penyakit yang dialami oleh kucing (istilah yang digunakan oleh komunitas pengguna panther untuk menyebut mobil diesel ini) sehingga terdengar bunyi “duk duk”.
Dugaan terkuat adalah kondisi shockbreaker/ shock absorber yang sudah tidak dapat berfungsi secara maksimal atau sudah rusak. Sebelum operasi dilaksanakan, saya berbelanja shockbreaker/ shock absorber di tolo onderdil yang terletak di sebelah barat Gedung Rajawali Theater/ sebelah barat jalan. Onderdil astra yang saya butuhkan adalah shockbreaker/ shock absorber jenis minyak kayaba (Rp. 195.00,-) dan sekalian ganti filter solar (Rp. 25.000,-).
Berikut step2 yang saya lakukan dalam penggantian shockbreaker/ shock absorber :
  1. Persiapkan kunci Inggris, kunci pas dan kunci roda
  2. Dongkrak bagian depan mobil 
  3. lepaskan roda depan 
  4. lepaskan shockbreaker/ shock absorber dengan cara melepaskan baut atas shockbreaker/ shock absorber dengan menggunakan kunci pas dan kunci inggris secara bersamaan
  5. lepaskan klem dan karet peredam yang ada di ujung shockbreaker/ shock absorber bagian atas
  6. lepaskan mur yang menjadi as shockbreaker/ shock absorber bagian bawah dengan dengan menggunakan kunci roda dan kunci pas untuk menahannya.
  7. tekan ujung bagian atas shockbreaker/ shock absorber dari bagian atas supaya posisi menjadi lebih pendek, hal ini untuk memudahkan shockbreaker/ shock absorber untuk dikeluarkan
  8. keluarkan shockbreaker/ shock absorber 
  9. jika mengalami kesulitan untuk mengambil shockbreaker/ shock absorber, dapat dilakukan dengan membuka bagian penutupnya sehingga memudahkan pengambilan shockbreaker/ shock absorber
  10. lakukan step sebaliknya untuk memasang shockbreaker/ shock absorber.

Demikian tulisan ini saya jadikan catatan apabila ada yang berkenan menjadikannya sebagai referensi dan pengingat saya bila suatu saat melakukan hal yang sama untuk penggantian shockbreaker/ shock absorber.
Sekalian untuk meningkatkan performa kendaraan maka saya ganti filter solar dengan yang baru dan saya bersihkan sedimenter. Filter solar saya buka dengan menggunakan belt bekas motor matic yang diikat dengan plat besi.
 
Step2nya adalah sbb :
  1. buka filter solar lama 
  2. tuangkan solar bekas yang terdapat di dalam filter solar tersebut 
  3. saring solar bekas untuk dipergunakan kembali mengisi filter solar yang baru (jika kurang dapat diisikan solar bekas dari hasil pencucian sedimenter) 
  4. olesi karet filter solar baru dengan sedikit oli 
  5. pasang filter solar yang baru dan kencangkan
Step2 pencucian sedimenter adalah sbb :


  1. persiapkan kunci pipa ledeng 
  2. persiapkan tempat solar bekas/ ember 
  3. buka ketiga baut yang menempelkan sedimenter di body 
  4. lepaskan selang2 yang menempel di sedimenter 
  5. lepaskan sedimenter dari dudukannya dengan membuka ketiga bautnya 
  6. tuangkan solar yang ada di dalam sedimenter ke ddalam ember/ tempat penampungan solar bekas (untuk mempercepat bisa ditiup di salah satu lobang sedimenter 
  7. baliklah sedimenter sehingga bagian pembuangan berada di bagian atas 
  8. buka kran kupu sedimen dengan tangan 
  9. gunakan kunci pas untuk membuka bagian bawah sedimenter
  10. gunakan kunci pipa ledeng untuk membuka leher sedimenter bagian atas
  11. bersihkan bagian dalam sedimen dengan kain bersih dari kotoran yang ada 
  12. isikan solar yang sudar disaring ke dalam tabung sedimenter sebelum dipasang kembali 
  13. pasang kembali bagian2 sedimenter 
  14. pasang kembali sedimenter ke tempat semula 
  15. pasang kembali selang2 sedimenter 
  16. pompalah solar untuk mengisi sedimenter

1 komentar: